Kangkung

Juga dikenal sebagai kangkung dan disukai di seluruh Asia karena batang berongganya yang renyah dan daunnya yang hijau panjang. Paling enak digoreng cepat.

krupuk

Umumnya terbuat dari tepung terigu, beras, kentang atau singkong. Krupuk adalah kerupuk kering yang tipis mirip dengan kerupuk udang Cina, yang digoreng sebelum disajikan sebagai lauk. Tersedia dalam berbagai rasa, kualitas terbaik dikatakan berasal dari Jawa Timur. Orang Indonesia suka mencelupkan kerupuk goreng ringan ke dalam kecap manis kental manis sebagai camilan.

Kecap manis

Kecap manis

Kecap manis berwarna gelap yang terbuat dari kacang kedelai dan gula aren dan jauh lebih manis dan lebih kental daripada kecap Cina atau Jepang. ‘Manis’ berarti manis dalam bahasa Indonesia.

Kecap asin

Kecap asin gelap yang sedikit lebih kental dari kecap Cina.

Terasi udang trasi

Terasi trasi terbuat dari udang kering yang difermentasi, dikeringkan dan dipotong-potong. Trasi atau belacan adalah bahan utama dalam berbagai jenis sambal. Dipanggang dengan membungkus balok kecil dengan kertas timah dan dimasukkan ke dalam oven atau dipanggang di atas api, trasi dihancurkan menjadi piring untuk menambah rasa yang dalam.

Kemiri

Kemiri

Kemiri terlihat seperti kacang macadamia dan memiliki kandungan minyak yang tinggi dan tekstur yang lembut. Tidak dapat dimakan dalam keadaan mentah, mereka adalah tambahan umum untuk pasta dan saus kari.

Tempe

Kue kacang tipis yang terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi, tempe adalah bahan yang sangat bergizi dan serbaguna. Teksturnya yang kuat memungkinkannya dimasak dengan berbagai cara – diasinkan, digoreng, direbus, atau dikukus.

petai

Petai, atau “kacang bau” seperti yang mereka kenal, adalah biji dari pohon asli Malaysia dan Indonesia. Warnanya hijau cerah, rasanya agak pahit dan digunakan dalam tumisan, kari, dan sambal.

Sambal

Sebuah bumbu berbasis cabai yang biasanya dibuat dengan berbagai cabai, sambal populer di seluruh Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina selatan dan Sri Lanka. Ada banyak jenis sambal Indonesia yang memadukan rempah-rempah, buah-buahan, kacang-kacangan atau sayuran dengan cabai.

Asam jawa

Buah asam yang daging buahnya digunakan untuk asamnya untuk menyeimbangkan asin, manis dan panas. Ini digunakan dalam segala hal mulai dari salad hingga saus dan merupakan catatan rasa utama dalam ikan assam. Dapat digunakan dalam bentuk cair, dalam bentuk balok, yang telah direndam dalam air hangat dan dibuang bijinya.

gula aren

Gula aren terbuat dari getah pohon palem yang direbus dan dipekatkan menjadi gula basah yang dapat berkisar dari kulit kayu yang lebat berwarna coklat hingga warna berwarna madu muda. Parut terbaiknya agar mudah digunakan.

Bahan Utama: Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *